300 Tulisan Lagi? (66/366)

Saraswati
1 min readMar 6, 2024

--

On average, it takes more than 2 months before a new behavior becomes automatic — 66 days to be exact (Reference)

Selamat datang di tulisan ke — 66. Perjalanan kita masih panjang karena masih ada 300 tulisan lagi. hehe.

https://unsplash.com/photos/photo-of-silhouette-photo-of-man-standing-on-rock-U3C79SeHa7k

Gimana perasaannya setelah nulis selama 66 hari? Senang pastinya. Dari awal, aku gak punya ekspektasi bahwa tulisanku pasti bagus atau ada yang baca, selama aku berhasil submit 1 tulisan setiap harinya, aku merasa bangga pada diri sendiri.

Ada kepikiran mau menyerah dan berhenti nulis? Ada dong. Hari ini juga rasanya aku pengen tidur daripada nulis haha. Tapi, ketika melihat angka 366, aku merasa terpacu untuk mencapainya.

Kok bisa ada topik terus setiap hari? Jujur, semua tulisanku dibuat di hari itu juga. Aku punya beberapa ide di Notion, tapi entah kenapa jariku gak ingin menulis tentang itu. Ketika menulis topik yang sesuai dengan keinginanku di hari tersebut, rasanya tulisanku mengalir begitu aja. :)

Masih percaya diri dengan 300 tulisan lagi? Masih bangettt. Menulis ini hanya satu dari beberapa skill yang ingin kukembangkan. Awalnya aku memandang proses menulis sebagai sebuah “kemampuan” aja, tapi ternyata proses menulis membuatku mengenal diriku lebih jauh, memaksa otakku untuk merangkai kata-kata dengan baik, dan juga mendokumentasikan momen yang penting dari proses belajar ataupun kehidupanku. ❤

--

--